PROFIL GOBER

Go Digital Bersama

profil

Latar Belakang

Koperasi Gober dibentuk pada saat maraknya demo driver online (DO) terhadap aplikator taksi online (Gojek dan Grab) dan regulator (Pemerintah) dikarenakan tarif dan regulasi atau kebijakan yang di keluarkan atau diberikan dianggap tidak sesuai dan merugikan para DO.

Atas dasar itulah maka komunitas DO yaitu FKPO (Forum Komunikasi Pengemudi Online) menjadi salah satu inisiator terbentuknya Koperasi Gober Indonesia, yang di mulai pada bulan Juli 2017 dan disepakati pada tanggal 23 November 2017 dengan diadakan Rapat Pendirian Koperasi yang di wakili oleh 25 (dua puluh lima) orang dan telah disepakati oleh para pendiri Koperasi siapa yang akan di tunjuk sebagai pengurus. (Terlampir)

Diharapkan Koperasi dapat menjadi wadah atau kegiatan bisnis para anggota-nya dengan membuat suatu aplikasi di bidang travel atau tourism serta turunan bisnisnya, yang tidak berhubungan dengan regulasi taksi online.

Legalitas Gober

  1. Akte Koperasi Gober Indonesia dengan nomer 04, oleh Notaris Hj. Devi Kantini Rolaswati, SH, M.Kn., tanggal 9 Maret 2018.
  2. Pengesahan Akta Pendirian Koperasi Go Online Bersama Indonesia, dengan Surat Keputusan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah, Nomer : 008700/BH/M.KUKM.2/VI/2018, tanggal 5 Juni 2018

Keterangan terdaftar NPWP dengan Nomor : 85.824.822.2-034.000 tanggal 10 September 2018

Kegiatan Operasional

Koperasi dalam melakukan kegiatannya beralamat di Jl. Utama Raya No. 19, Kel. Cengkareng Barat, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat.

Saat ini anggota Koperasi Gober Indonesia adalah 149 orang dan akan terus bertambah karena saat ini Koperasi sedang melakukan kerjasama ekslusif dengan PT. Global Mobility Service Indonesia, yang berpusat di Tokyo, Jepang, yang merupakan suatu perusahaan teknologi yang sudah melakukan bisnisnya di Jepang, Filipina, Kamboja dan sekarang di Indonesia. (MOU Koperasi Gober Indonesia – PT. GMS Indonesia, 12 September 2018)

  1. GMS Indonesia menggandeng lembaga keuangan bank dan non bank, seperti Maybank dan AEON, serta bekerjasama dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) di Indonesia seperti Toyota, Daihatsu, dan Suzuki untuk menyediakan suatu produk atau mobil yang di peruntukan ke driver online, dimana pada saat ini mayoritas bank dan leasing tidak mengakomodasi terhadap profesi driver online.

Atas dasar MOU antara Koperasi-GMS Indonesia maka koperasi bekerjasama dengan PT. Uangbaik Nusantara Sejahtera, yang berbasis Financial Technology (Fintech) untuk pembiayaan mikro dengan sistem syariah, agar dapat membantu pembiayaan uang muka atau down payment (DP) yang di syaratkan dalam program kepemilikan mobil ini.

Koperasi juga bekerjasama dengan PT. Citra Suretindo Perkasa, yang merupakan salah satu vendor/mitra dari aplikator Gojek (GOCAR), sebagai tim dari koperasi untuk rekrutmen anggota koperasi yang dapat meminimalkan resiko Koperasi, PT. GMS Indonesia dan mitra Lembaga Keuangan-nya.

Koperasi bekerjasama dengan berbagai komunitas driver online lainnya yang tersebar di Jabodetabek dan Indonesia pada umumnya.

Koperasi juga telah membentuk perwakilan di beberapa wilayah seperti Perwakilan Koperasi Gober Indonesia, Jakarta Utara-Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok-Bogor dan Tangerang, yang nantinya akan dikenal sebagai “Gober Community”

 

Penutup

Diharapkan dengan adanya berbagai program koperasi seperti Aplikasi Travel (Oketur) dan turunan bisnisnya nanti, serta kerjasama antara Koperasi Gober Indonesia – PT. GMS Indonesia, maka dipastikan bisa saling bersinergi dan akan segera terbentuk “Gober Community” di seluruh wilayah Indonesia.

Dan yang  terpenting adalah terjadinya perbaikan kesejahteraan bagi profesi driver online dan menjadikan mereka sebagai “bussiness owner” terhadap pekerjaan yang mereka lakukan, bisa segera terwujud di Indonesia.

 

 

Head Office

Jl. Utama Raya No. 19, Kel. Cengkareng Barat, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat.

Call Us

083805314309

EMAIL US

admin@koperasigober.com